Minggu, 10 Januari 2010

Cyprus, Negara Yang Terbelah


Adalah Cyprus, sebuah negara pulau di Laut Tengah bagian timur, terletak ±113 km di sebelah selatan Turki dan 120 km di sebelah barat Suriah, Lebanon, dan Israel, sebelah timur dari Yunani, dan utara dari Mesir.
Negara yang ber-ibu kota Nicosia ini hingga tahun 1878, masih dikuasai oleh imperium Utsmani dan pada tahun itu pula, dalam kongres Berlin, imperium Utsmani menyerahkan Cyprus kepada Inggris. Pada tahun 1925, Cyprus resmi menjadi koloni Inggris. Sejak saat itu, orang-orang Yunani di Cyprus yang merupakan 75 persen dari populasi kepulauan ini, menuntut agar Cyprus bergabung dengan Yunani. Tetapi minoritas Turki menolak. Di pihak lain, pernyataan Turki yang akan melindungi hak-hak orang Turki di kepulauan itu, semakin memanaskan situasi. Akhirnya, masalah Cyprus oleh uskup Makarius dibawa ke PBB dan negara ini kemudian meraih kemerdekaannya pada tahun 1960 dengan jaminan konstitusi dari mayoritas Greek Cypriot (Cyprus Yunani) kepada minoritas Turkish Cypriot (Cyprus Turki). 
Kedua belah pihak tetap tidak puas dan akhirnya pada tahun 1974 sebuah kelompok yang menginginkan persatuan dengan Yunani mengadakan kudeta yang dibalas dengan invasi Turki. Semenjak itu Turki menduduki wilayah utara. Kini, secara praktis, Cyprus terbagi dua bagian, yaitu daerah pendudukan Turki di utara dan daerah pendudukan Yunani di Selatan.
Pada tahun 1983, Turki mengumumkan kepemilikan atas sebagian pulau tersebut, yang dinyatakan sebagai “Turkish Republic of Northern Cyprus”, tetapi kondisi ini hanya diakui oleh Turki sendiri. PBB memimpin pembicaraan langsung antara kedua pihak Cyprus sejak bulan Januari 2002 dan menyelenggarakan referendum bagi semua Cypriot pada tanggal 24 April 2004, hanya 10 hari sebelum Cyprus dijadualkan bergabung ke dalam UE. Referendum oleh PBB yang bertujuan untuk menyatukan kembali wilayah Cyprus mengalami kegagalan setelah sebesar 75,83% suara Greek Cypriot menyatakan menolak, meskipun 64,9% suara Turkish Cypriot menyatakan bersedia menerima usulan PBB untuk reunifikasi.
Negara dengan luas 9.251 km2 ini terbagi kedalam beberapa zona/ teritaorial, 3.355 km2 diantaranya di bawah administrasi Cyprus Turki (Turkish Cypriot), 151 km2 merupakan Green Line (buffer zone di bawah pengawasan PBB) dan 254 km2 merupakan Sovereign Base Area di bawah yuridiksi Inggris. 
Hingga saat ini, pemerintahan Cyprus dengan uskup Makarius sebagai Presiden pertama ini berbentuk republik dengan Presiden Cyprus Turki dijabat oleh Mehmet Ali Taleat sedangkan Presiden Cyprus Yunani dijabat Dmitry Christovias. Cyprus memiliki mata uang Pound Cyprus (SC).
Kondisi ekonomi dinegara Cyprus tergantung pada ekspor produk pertanian (jeruk, kentang, anggur, tembakau) dan penghasilan pariwisata. Sektor perikanan hampir tak ada artinya karena perairan di sekeliling pulau kurang ikan. Selain itu sektor pertambangan masih menguntungkan (tembaga, besi, marmer, dan gipsum). 
Sejak bulan September 2008, perekonomian Cyprus telah merasakan dampak krisis keuangan global yang tengah terjadi. Sektor pariwisata yang menjadi sektor andalan negara mencatat penurunan sebesar 3,2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (September 2007).
Dampak krisis keuangan juga dirasakan di bidang keuangan Cyprus yang memiliki lagu kebangsaan Hymn to Liberty (Himne Kebebasan) ini. Namun, dampak krisis di sektor keuangan sedikit banyak tertolong dengan telah dilakukannya adopsi mata uang setempat ke mata uang Euro yang mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2008. Hal ini telah menghindarkan Cyprus dari krisis keuangan yang disebabkan oleh spekulasi nilai tukar mata uang dari money exchage crisis. Sektor lainnya yang juga telah merasakan dampak dari krisis keuangan global yang terjadi adalah sektor perkapalan.
Negara dengan jumlah penduduk ±700.000 orang ini (1995) yang tersebar di kota Lemesos (Limassol), Larnaca, Paphos, Ammochostos (Famagusta), Kyrenia dan kota-kota lainnya memiliki keragaman keyakinan penduduknya dengan Greek orthodox 78%, Islam 18%, dan 4% adalah penganut Bahá'í, Yahudi, Protestan, Katolik Roma dan Maronite. Bahasa yang dgunakan oleh masyarakat adalah bahasa Yunani, Turki, dan Inggris. Sedangkan bahasa resmi Negara adalah bahasa Yunani dan Turki

Daftar Pustaka:
1. Judul : Cyprus
Penulis : Tidak Diketahui
Sumber : Ensiklopedia Indonesia 
(http://www.indonesiaindonesia.com/f/53000-cyprus/) 
2. Judul : Sejarah Dunia 16 Agustus
Penulis : Tidak Diketahui
Sumber : http://www2.irib.ir/worldservice/melayuRADIO/kal_sejarah/masehi/agustus/16agustus.htm
3. Judul : Sekilas tentang Republik Cyprus
Penulis : Tidak Diketahui
Sumber : http://www.indonesianembassy.it/home/cyprus.htm
4. Judul : Siprus
Penulis : Tidak Diketahui
Sumber : Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
 (http://id.wikipedia.org/wiki/Siprus)
5. Judul : Republik Siprus
Penulis : Tidak Diketahui
Sumber : http://embassyofindonesia.it/testing-6/

Tidak ada komentar: